Cara Penggunaan Masker Yang Efektif Dalam Mencegah Virus Corona

Cara Penggunaan Masker Yang Efektif Dalam Mencegah Virus Corona

Di situasi pandemi virus corona seperti sekarang ini, masyarakat dihimbau untuk selalu menerapkan hidup sehat dan bersih seperti mencuci tangan sesering mungkin dan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, pemerintah juga menghimbau untuk selalu diam dirumah agar masa inkubasi virus cepat selesai. Akan tetapi, jika masyarakat memang harus keluar rumah, maka pemerintah pun mengharuskan kita untuk menggunakan masker.

Ada beberapa jenis masker yang direkomendasikan bisa mencegah penyebaran virus yaitu masker N95. Jika tidak ada maka kita bisa menggunakan masker apapun.

Namun, tahukah Anda bagaimana cara penggunaan masker yang benar dan efektif dalam mencegah virus seperti virus corona?

Memakai masker memang penting, tetapi memakai masker dengan baik dan efektif adalah hal yang tidak kalah pentingnnya.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberitahu Anda bagaimana cara menggunakan masker yang benar dan efektif dalam menghalau penyebaran virus.

Cara Penggunaan Masker Yang Tepat Untuk Mencegah Virus Corona

Cara Penggunaan Masker Yang Efektif Dalam Mencegah Virus Corona

Virus corona (virus 2019-nCoV) adalah jenis virus yang bisa menginfeksi saluran pernapasan mulai dari hidung, sinus dan tenggorokan. Setelah menginfeksi saluran pernapasan ini, maka mereka bisa menimbulkan beberapa gejala influenza.

Dan virus ini bisa menyebar melalui droplet yang keluar dari seseorang yang terjangkit melalui bersin dan batuk. Sentuhan langsung maupun tidak langsung juga bisa memungkinkan untuk menyebarkan virus kepada orang lain.

Hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyebaran seperti ini adalah dengan menggunakan masker. Dan masker yang terbukti efektif dalam mencegah virus masuk ke saluran pernapasan adalah masker n95.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah cara menggunakan masker tersebut sehingga virus akan kesulitan untuk masuk ke dalam tubuh kita karena tertutupi oleh masker yang kita kenakan dengan baik.

Dan berikut ini adalah cara menggunakan masker yang baik dan tepat yang harus Anda ketahui.

Tentukan Ukuran Masker Yang Sesuai

Masker yang dijual di pasaran bisa memiliki berbagai macam ukuran bahkan bentuk sekalipun. Baik itu masker n95 yang memiliki ukuran ekstra kecil sampai besar, maupun masker yang lainnya.

Nah dengan banyaknya ukuran masker, maka hal pertama yang harus Anda cermati adalah memilih masker yang memiliki ukuran yang pas. Masker dengan ukuran yang pas tidak akan mudah lepas saat dikenakan.

Jadi, pastikan masker yang Anda beli sesuai dan pas untuk Anda kenakan.

Memilih Tipe Masker

Masker bisa saja membuat Anda lebih sulit untuk bernapas, terutama bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

Melihat kondisi pernapasan seperti itu, maka Anda harus membeli tipe masker yang sesuai agar kondisi tersebut tidak menjadi lebih parah ketika menggunakan masker.

Ada banyak sekali tipe masker yang dijual dipasaran. Dan Anda harus pintar dalam memilih tipe masker yang sesuai dengan kondisi pernapasan Anda.

Kenakan Masker Setelah Cuci Tangan

Selanjutnya adalah mencuci tangan sebelum menggunakan masker. Hal ini dilakukan agar terjaga kebersihannya.

Anda harus mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir serta pastikan tangan Anda ada dalam keadaan kering sebelum memegang masker.

Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kontaminasi terhadap masker yang akan dikenakan.

Itu adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum menggunakan masker secara umum. Dan untuk masker tertentu seperti n95, maka berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan masker n95.

Cara Penggunaan Masker N95 Yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan masker di satu tangan. Kemudian tempelkan masker di atas mulut dan hidung.

Pastikan masker tepat berada di hidung dan mulut. Pastikan juga bagian bawah masker berada dibawah dagu. Dan Anda hanya diperbolehkan untuk menyentuh bagian luar dan tepi masker agar masker tetap bersih. Jangan sekali kali memegang bagian dalam masker.

Selanjutnya adalah menarik tali bagian bawah dan atas melewati kepala. Tali bagian bawah harus Anda sesuaikan dengan leher dengan posisi tepat dibawah telinga. Sedangkan untuk tali bagian atas harus Anda letakan di bagian atas telinga.

Selain itu, rekatkan pula nosepiece masker di bagian jembatan hidung. Ini agar masker benar-benar melekat rapat sesuai dengan bentuk hidung.

Nah, itulah cara yang tepat dalam menggunakan masker n95 sehingga benar-benar efektif dalam mencegah penyebaran virus masuk ke dalam saluran pernapasan Anda.

Seberapa Sering Masker Harus Diganti?

Ada beberapa jenis masker yang memang sekali pakai seperti masker bedah. Dan ada pula masker yang bisa Anda cuci dan kenakan kembali seperti masker kain.

Akan tetapi, pertanyaanya adalah seberapa seringkah kita harus mengganti masker jika kita beraktifitas diluar ruangan.

Nah, para ahli menyarankan kita untuk mengganti masker yang digunakan setiap 4 jam sekali. Hal ini mencegah pertumbuhan bakteri, kuman bahkan virus di masker tersebut jika kita menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki beberapa stok masker untuk dibawa.

Sedangkan, khusus untuk masker n95, kita disarankan untuk menggunakan satu masker dalam jangka waktu 6 – 8 jam saja. Setelah itu, kita harus membuangnya dan mengganti yang baru.

Ini dilakukan karena resiko pencemaran masker menjadi lebih besar sebagai akibat dari sentuhan tangan atau kontak dengan respirator. Sehingga, keampuhan masker dalam melindungi pun akan menjadi berkurang dan mungkin bahkan bisa tidak efektif sama sekali.

Selain itu, sampai saat ini belum ada informasi berapa batas maksimum dalam menggunakan kembali masker. Akan tetapi, setiap produsen masker selalu memberikan panduan khusus untuk pengguna di setiap label kemasan.

Jadi, pastikan Anda untuk membaca nya terlebih dahulu sebelum menggunakan maskernya.

Yang paling utama dalam penggunaan masker adalah membatasi potensi kontaminasi pada permukaan masker yang kita kenakan. Pastikan kita harus meminimalisir kontak dengan masker yang kita kenakan terutama bagian dalamnya.

Dengan demikian, tidak ada virus yang menempel di masker dari tangan kita.

Kesimpulan

Situasi pandemi virus corona seperti sekarang, pemerintah memang mengharuskan kita untuk tinggal diam di rumah. Ini untuk memutus penyebaran virus.

Akan tetapi, jika Anda memang harus keluar rumah, maka pemerintah mengharuskan kita untuk menggunakan masker sebagai pelindung dari infeksi virus terhadap saluran pernapasan.

Menggunakan masker menjadi salah satu hal yang sangat penting. Selain itu, cara menggunakan masker pun menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Hal ini karena dengan menggunakan masker yang tepat bisa efektif dalam mencegah virus masuk dan menginfeksi saluran pernapasan kita.

Semoga dengan cara penggunaan masker yang tepat kita bisa terhindar dari infeksi virus dan membantu memutus penyebarannya. Dan semoga wabah virus corona ini akan segera berakhir di negeri kita tercinta ini.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Leave a Comment